Jumat, 13 September 2019

Pembimbing Ibadah Haji Jemaah Udzur (PIJU)


Ini cerita ku tahun 2018 saat tugas di KKHI Mekah Saudi Arabia

Bu Halijah dari Palembang usia 71 thn, beliau yang lagi menyendok puding strobery dengan hati-hati ke mulutnya.
Kulihat pudingnya melesat jatuh dipinggir bibir, ... 
Aku masih membimbing seorang jamaah utk bertayamum.
Setelah selesai kuhampiri bu Halijah dan menawarkan untuk menyuapin pudingnya yang tinggal separo, 
hanya sebagian yang masuk kemulut karena sebagian lagi numpuk dileher & ku-bersihkan dengan tissu.
Sambil menyuapin kami ngobrol, beliau tanya apa aku tinggal di makah?, aku jawab aku kerja di Jakarta, berasal dari Padang dan sekarang bertugas di makkah utk menyuapin ibu.. 
Beliau tertawa, aku tanya balik, ibu naik haji dengan siapa?, 

Beliau cerita berangkat haji sendiri karena suami sudah meninggal berpuluh tahun lalu.., 
Dan tiba-tiba beliau ngomong 'nenek tak punya anak...' -aku tercekat-, aku tersentuh dan berucap sabar ya bu, yang penting ibu ga merasa sendiri krn kita punya Allah ...
MasyaAllah aku tiba2 merasa masuk dalam perasaan beliau, aku bisa merasakan bagaimana perasaan itu, 
Mataku merebak dan airmataku jatuh, sabar ya buu kita sama bu, saya juga belum dititipin anak sama yg maha kuasa, .. 

Nenek beruntung nak ponakan selalu berkunjung, dan yg berangkatkan haji ini ponakan2 nenek mereka patungan bayar ongkos haji, nenek dijaga dan disayang seperti mereka menyayangi orang tua mereka katanya, 
Bu Halijah

MasyaAllah.. ibu orang yang beruntung selalu bersyukur ya bu.., (aku memanggil ibu, tapi beliau menyebut dirinya nenek)


Airmata penuh syukur untuk ibu itu masih mengalir diwajahku , tiba2 pak Ade jurnalis yang lagi ambil berita di KKHi saat itu panggil aku 
Aku buru2 mengeringkan airmata dan mengikuti pak Ade, lalu beliau bilang bu ini orang ANtv mau wawancara, 
Dduh saya gelagapan, mo wawancara apa pak?, kata pak Ade nanti saya akan tanya apa saja tugas PIJU di rumah sakit ini dan suka duka nya.
Ok siap.. duh saya ga dikasi kesempatan utk berkaca hehe , walaupun mata masih merah.

Wawancara dengan ANTV lancar, tiba2 pak Ade tanya apa yg membuat ibu menangis tadi?.. 
Aku kaget, spontan aku tersedu . kamera msh menyorot, ku-kasi kode untuk stop, 
Tapi kata pak Ade ga-papa lanjut saja.., 
kenapa ibu sedih, dia ulang bertanya .. ehh tangisku makin menjadi. 
Aku menangis di depan kamera TV ..

Iih maluu.. padahal ga penting2 amat utk disedih kan.
Mungkin saat itu lagi sadmood yaa... atau karena aku merasa saat tua nanti, saat tak berdaya, aku menghawatirkan diriku.

Dan tau ada yang senasib tapi masih ada yang menyayangi aku aku benar-benar terharu penuh syukur.

Saat menulis ini aku ingat, aku masih punya anak-anak yang sayang dan dekat dengan ku,  walaupun bukan anak-ku sendiri

~Pengen liat hasil wawancara nya hihi...


KkHI 4 Sept 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar